Pasang iklan

Viralkan! Pemenang Lari Ultra Marathon Tour The Malaysia Asal Maluku Terabaikan Oleh Pemerintah

...

Gema.id Maluku – Pelari Ultra Marathon asal Maluku Matheos Berhitu kembali menjuarai Tour the Malaysia 2019, ia berlari sepanjang 283Km dengan catatan waktu tempuh 38 jam 44 menit 9 detik. Dimana yang mengikuti ajang perlombaan ini sebanyak 24 peserta yang terpilih dari 21 negara.

Matheos kelahir 1973 (46) ini berprofesi sebagai sopir angkot. Namun, bukan sopir angkot sembarangan, ia sudah sering menjuarai beberapa event di berbagai tempat. Seperti, juara 1 lari ultra marathon 69km di kolaka tahun 2016, event Tambora challenge Lintas Sumbawa 320km di Nusa Tenggara Barat di tahun 2017, Bintaro Ultra 120km di Jakarta tahun 2018 dan dibeberapa lomba lari lainnya.

Ia merupakan salah satu pelari yang keluar sebagai juara karena tidak melebihi waktu yang sudah ditentukan oleh panitia, ada peserta yang melebihi waktu tersebut dan tidak mendapat juara meskipun sampai pada garis final.

Viralkan! Pemenang Lari Ultra Marathon Tour The Malaysia Asal Maluku Terabaikan Oleh Pemerintah

Pelari ini juga menyampaikan, hanya dirinya yang mendapat juara di Ultra Marathon Tour the Malaysia (UMTM) yang sebelummya mengikuti event Ultra 100km di Jakarta bulan Maret dan terakhir di Malaysia 283km. (7/8/19)

“Para peserta merupakan juara-juara dari negara mereka masing-masing, bahkan ada juara Eropa dari Cheko dan juara dunia dari Rusia, seleksinya pun sangat ketat.”

Kata Matheos

UMTM ini merupakan ajang bergengsi yang diikuti 21 negara dengan 68 orang yang mendaftar namun yang terpilih hanya 24 orang.

“event ini diikuti sekitar 21 negara yang pesertanya diseleksi dengan ketat dan pesetra yang mendaftar ada 68 orang namun hanya 24 orang saja yang lolos, dari Malaysia ada 3 orang, pelari dari Indonesia hanya saya dan yang lainnya mewakili tiap-tiap Negara yang berbeda.”

Tambahnya

Dia juga menambahkan, juara yang dari Cheko masih berumur 27 tahun, dari Rusia berumur 29 tahun dan hanya dirinya pelari yang tertua diantara semua peserta.

Panitia menentukan jarak waktu tempuh 55 jam dan untuk cek pointnya yaitu setiap 40 km dari 283km. hanya Matheos yang bisa menempuh dibawa 55 jam.

“Hanya saya satu-satunya yang menjadi juara karena peserta yang lain memasuki garis finish diatas 55 jam dan saya menempunya dengan waktu 38 jam 44 menit 9 detik.”

Lanjutnya

Jarak untuk ultra marathon itu sendiri diatas 100km dengan durasi yang sudah ditetapkan oleh panitia. Untuk jarak 150, cek poinnya setiap 40km dan jarak 100km, cek poinnya 20km.

“Kami para Ultra mengikuti event seprti ini hanya untuk menyalukan hoby kami, masalah bonus dan hadiah yang lainnya tidak kami pikirkan.”

Tutupnya

Beri tanggapan