Pasang iklan

Ribuan Warga Kota Ambon Mengikuti Aksi “Menghadap Laut 2.0”

Gema.id Ambon – Melalu aksi Menghadap Laut 2.0 ribuan warga dari berbagi elemen peduli lingkungan, mulai dari warga kota Ambon, pelajar sampai pemerintahan ikut membersihkan sampah di kawasan Teluk Ambon, aksi ini dilaksanakan secara serentak di 74 lokasi seluruh Indonesia.

Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ambon (Ashari Syarif ) mengatakan, aksi ini digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia.

Untuk kota Ambon dipusatkan di tiga titik lokasi, yaitu ; Pantai Poka sampai bawak Jembatan Merah Putih (JMP), kawasan Rumah Tiga dan Desa Waiheru sampai kawasan Balai Budidaya Perikanan Laut.

Baca juga: Festival Teluk Ambon Dibuka Secara Resmi Oleh Gubernur Maluku

“Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini sebanyak 1.200 orang dan akan dibagi dalam tiga titik yaitu, Pantai Poka sampai bawak Jembatan Merah Putih (JMP), kawasan Rumah Tiga dan Desa Waiheru sampai kawasan Balai Budidaya Perikanan Laut.”

Jelasnya, Minggu (18/8/2019)

Lanjutnya, sampah yang telah dikumpulkan kebanyakan sampah yang merusak lingkungan dan membutuhkan proses yang lama untuk memusnahkannya seperti kaleng botol, sampah plastik, dan sampah limbah lainnya.

“Sampah yang paling banyak kita kumpulkan berupa sampah kaleng botol, sampah plastik dan limbah seperti pempers, setelah melakukan pembersihan para peserta malanjutkan dengan aksi Menghadap Laut 2.0 sambil menyanyikan lagu nasional padamu negeri.”

Tambahnya

Baca juga: Perahu Belang Banda Ikut Memeriahkan Festival Teluk Ambon 2019

Selain itu, Walikota Ambon (Richard Louhenapessy) menambahkan, sampah plastik merupakan ancaman yang harus dilawan bersama, jangan harapkan orang lain untuk melihat kita Ambon.

“Jangan harapkan orang lain untuk melihat daerah kita jika kita sendiri tidak peduli dan jangan berharap bisa bersaing dengan bangsa lain jika tidak memperhatikan lingkungan ini.”

Ujarnya

Tambahnya, laut akan menjadi kekuatan untuk mempersatukan negara ini dan menjadi lebih baik lagi, bukan untuk sebagai perusak kebersamaan.

“laut bukan sarana berbedaan dari yang satu dengan yang lainnya namun laut merupakan alat yang bisa menyatukan negara ini, oleh karena itu, apresiasi yang tinggi kita berikan untuk tim KKP yang terus mengajak kita untuk mencintai laut ini.”

Ucapnya

Tegasnya, pemerintah kota Ambon akan terus berupaya menjaga kebersihan darat maupun laut, dengan melalui program Jumpa Berlian (Jumat pagi bersih lingkungan) yang selalu dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat bersama dengan ASN dan masyarakat kota Ambon.

“Kita akan terus mendorong untuk menjadi lebih baik lagi, karena ini juga merupakan kebaikan dan kepentingan generasi kita kedepannya, yaitu anak cucu kita.”

Tegasnya

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)