Pasang iklan

PTUN Ambon Putuskan Walikota Ambon Kalah dalam Sengketa Pemberhentian Lima ASN

Gema.id Maluku, Ambon – Sengketa pemberhentian terhadap lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup pemerintah kota Ambon oleh walikota Ambon telah menghasilkan putusan.

Adapun hasil sidang menyatakan walikota Ambon Richard Louhenapessy kalah dalam gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Hal tersebut diungkapkan kuasa kelima orang ASN tersebut, Hendry Lusikooy pada awak media.

“Dalam sidang tingkat pertama yang dapat digelar di Pengadilan Tata Usaha Negara Ambon, Majelis Hakim yang memeriksa, mengadii dan dan memutuskan perkara tersebut mengungkapkan walikota Ambon telah melanggar pasal 226 Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNAS,” katanya dilansir dari Tribun Maluku.

“Selain itu majelis hakim mengatakan, walikota Ambon telah menggunakan Peraturan Pemerintah yang dicabut dan tidak digunakan sebagai dasar hukum diterbitkannya Surat Keputusan pemberhentian kelima ASN dilingkup pemerintah kota Ambon,” sambungnya.

Adapu kelima ASN Pemkot Ambon yang gugatannya diterima mereka adalah Harman Sahupala, Henny Detje Nanlohi, Polattu Josephina,  dan Haydee Nikujulluw.

Dengan keputusan ini maka SK yang dilayangkan oleh walikota tidak berlaku dan gugur demi hukum. Namun putusan ini bisa sepenuhnya belum final lantaran masih ada upaya atau langkah hukum lanjutan yang ditempuh walikota Ambon.

Beri tanggapan