Pasang iklan

Raih Medali Emas, Pelari 800m Wempi Pelamonia Harumkan Maluku di Kancah Nasional

...

Gema.id Bogor – Putra Maluku Wempi Pelamonia mengharumkan Maluku dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) atletik di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/8/2019) di nomor lari 800 meter putra senior. Wempi Pelamonia berhasil menjadi yang tercepat dalam cabang lomba tersebut,  1 menit 55,68 detik adalah catatan waktu terbaik pelamonia.

melalui event itu juga merupakan ajang kualifikasi pra PON XX Papua tahun 2020. Sebelumnya, jumat (2/8/2019) Alvin Tehupeiory salah satu atlit asal Maluku yang juga berhasil meraih medali emas di nomor lari 100 meter putri senior. Atas prestasi  tersebut memberikannya kesempatan untuk ikut dalam PON XX Papua tahun 2020 bersama Pelamonia sebagai wakil atlit asal Maluku.

Provinsi Maluku mengirimkan 2 atli junior dan 10 atlit senior yang telah mendapat empat medali secara keseluruhan. Dua atlit Maluku lain yang menyumbangkan medali untuk Maluku adalah yanes Pelamonia dan  Elvis Telussa yang keduanya  berhasil meraih medali perunggu. Yanes Pelamonia berjuang di nomor lari 5.000 meter putra usia 20 tahun dengan mencatatkan waktu 15,32 detik. Sedangkan Elvis Telussa berjuang di nomor 400 meter putra dengan mencatatkan waktu 49,98 detik.

Maluku masih memiliki peluang untuk mendapatkan perolehan medali  hal ini dipastikan oleh pelatih atletik Marla Sopacua pada minggu (4/8/2019). Karena dua atlit asal Maluku yaitu Alvin tehupeiory dan Nining Souhaly masuk ke babak final di nomor 200 meter putri.

“Kita sangat butuh dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Maluku untuk kedua atlet Maluku yang akan tampil final di hari minggu”

ujar Sopacua

Kejuaraan Nasional Atletik 2019 dilaksanakan oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang kegiatan ini merupakan bagian dari promosi degradasi atlet menuju SEA Games 2019 Filipina. Kejuaraan Nasional Atletik 2019 diikuti 1.071 atlet dari 34 provinsi yang terdiri dari 332 atlet putra dan putri usia dibawah 18 tahun, 282 atlet putra dan putri U-20 dan 457 atlet putra dan putri senior.

“kejurnas itu merupakan agenda tahunan kami yang pesertanya lebih dari seribu atlet dari 34 provinsi. Bagi atlet senior merupakan promosi degradasi, lalu seleksi menuju SEA Games, karena kami akan menata atlet pelatnas. Artinya akan lebih banyak  atlet muda dibandingkan atlet seniornya”

ujar Tigor

Tidak menutup kemungkinan ini menjadi peluang bagi putra-putri atlet asal Maluku untuk untuk ikut SEA Games 2019 Filipina.

Beri tanggapan