Pasang iklan

Korban Pembantaian Di KM Mina Sejati Akan Mendapat Santunan Dari BPJS Ketenagakerjaan

Gema.id, Maluku TenggaraKepala kantor Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Dwi Ari Wibowo) akan memberikan santunan kepada korban pembantaian ABK pada KM Mina Sejati yang meninggal di laut Arafura beberapa hari yang lalu.

“Kami akan memberikan santunan kepada ahli waris korban yang meninggal di KM Mina Sejati.”

Kata Dewi, Maluku Tenggara, Sabtu (24/8/2019)

Tambahnya, setelah mendapat informasi pembunuhan yang terjadi di Kapal KM Mina Sejati tersebut, pihaknya bertindak cepat dan langsung memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca juga: KM Mina Sejati Dibajak Di Perairan Laut Dobo

Para korban yang meninggal, pihaknya akan memberikan santunan tersebut pada ahli warisnya, sedangkan yang mengalami luka, pihaknya akan memberikan langsung kepada korban.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku (Toto Suharto) menjelaskan, ABK KM Mina Sejati yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sudah ada sekitar 36 orang sejak 2Juli 2019.

Baca juga: Bajak KM Mina Sejati, Kapal TNI AL KRI LTD- 521Diluncurkan Ke Lokasi

“Sesuai dengan informasi yang kami dapat, ada 2 orang yang meninggal dunia dan 23 orang yang masih belum diketahui statusnya. Kami akan memberikan santunan kematian sebesar 48 kali upah terlapor kepada ahli waris pada korban yang meninggal dunia.”

Jelasnya

Lanjutnya, semua biaya perawatan korban KM Mina Sejati akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan kebutuhan medis.

Dalam hal ini, para korban yang hingga saat ini masih mengalami luka-luka akan dirawat di rumah sakit dan BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung biaya perawatannya.

Tambahnya, para korban yang masih mengalami perawatan, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen dengan upah selama 6 bulan, santunan itu diberikan sebagai pengganti hilangnya penghasilan dalam kondisi tidak mampu untuk bekerja.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)