Pasang iklan

Dinas Koperasi Dan UKM Kota Ambon, Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro

...

Gema.id Ambon – Kegiatan Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM) telah dilangsungkan oleh pemerintah kota (Pemkot) Ambon untuk ibu-ibu yang memiliki usaha kecil-kecilan.

Pelaksanaan PPUM dibuka secara resmi oleh asisten II Sekretaris Kota Ambon, Robby Siloy (Mewakili Pemkot Ambon).

Agenda kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk mengembangkan usaha dan melibatkan kurang lebih seratus ibu-ibu yang mempunyai usaha di kota Ambon, hal ini dilaksanakan langsung dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Ambon.

Siloy mengatakan dalam sambutannya, salah satu target pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM adalah memberikan pelatihan untuk ibu-ibu dalam mengembangkan usaha mikro dan program pendidikan kemahiran hidup untuk mengatasi masalah kemiskinan dan membangun wirausahawan.

Dengan berakhirnya program PPUM ini, para ibu-ibu bisa menjadi pengusaha yang sukses, meningkatkan kesejahteraan hidup terkhusus di desa-desa dan mengembangkan usaha mereka masing-masing.

Selain dari itu semua, program ini dengan sendirinya bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan sistem perekonomian daerah dalam mengejar ketertinggalan kota Ambon, ini juga bisa menjadi daya saing dengan kota-kota berkembang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Ambon (Marthin Keiluhu) menyampaikan, pihaknya saat ini hanya memberi fasilitas kepada para pengusaha mikro untuk mendapatkan pembiayaan dari berbagai sumber yang menyiapkan bantuan berbentuk dana untuk usaha yang sedang dikerjakan dan ia tidak memberi bantuan dalam bentuk dana untuk para pengusaha.

Sebagai sikap tanggung jawab Dinas Koperasi dan UKM, ia laksanakan program PPUM supaya ibu-ibu yang mempunyai usaha mikro di kota Ambon bisa mendapat pengetahuan yang lebih mantap pada bagian usaha mereka masing-masing.

Marthin menambahkan, untuk bantuan dana bergulir sudah tidak disediakan lagi. Tapi, semuanya sudah diganti dalam bentuk pinjaman yang sudah disediakan di beberapa tempat, seperti perusahaan BUMN, Bank dan perusahaan swasta atau dana CSR (Corporate Social Responsibility).

Tujuan dan maksud dari program PPPUM adalah untuk membagikan pengetahuan dan pemahaman tentang kewajiban seorang wirausahawan, manajemen usaha, memilih titik usaha dan memotivasi wirausahawan tersebut.

Harapan untuk kedepannya, para pengusaha mikro yang ada di kota Ambon bisa berkembang dan memanfaatkan fasilitas atau dana pinjaman dengan sebaik mungkin. Pelaku usaha juga dapat meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun manajerialnya.

Hal ini terlaksana dengan keberhasilan visi misi Pemkot Ambon dan komitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah melalui Dinas Koperasi dan UKM.

Beri tanggapan